Senin, 07 Maret 2016

DANAU KELIMUTU(nusa tenggara timur,indonesia)

danau ini berada di puncak gunung kelimutu yang berada di pulau flores,NTT indonesia.lokasinya berada di desa pemo,kec kelimutu,kab ende.
danau ini terkenal akan warnanya yang terdiri dari tiga macam yaitu merah,biru,dan putih dan kadang warnanya dapat berubah-ubah seiring berjalannya waktu.danau ini menurut kepercayaan warga sekitar memiliki kekuatan yang dashyat.
danau atau tiwu kelimutu di bagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna – warna yang ada di dalam danau. danau berwarna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. danau yang berwarna merah atau “Tiwu Ata Polo” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Sedangkan danau berwarna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.danau kelimutu yang terletak di puncak Gunung Kelimutu ini masuk dalam rangkaian taman nasional kelimutu.danau kelimutu mempunyai tiga kubangan raksasa. Masing-masing kubangan mempunyai warna air yang selalu berubah tiap tahunnya. air di salah satu tiga kubangan berwarna merah dan dapat menjadi hijau tua serta merah hati; di kubangan lainnya berwarna hijau tua menjadi hijau muda; dan di kubangan ketiga berwarna coklat kehitaman menjadi biru langit.danau ini mempunyai kemiringan hingga 70 drajat dan sangat terjal.banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang bahkan peneliti pun ikut mendatangi kawasan ini untuk tujuan penelitian.


beberapa flora yang dapat ditemui di sekitar danau antara lain kesambi (Schleichera oleosa), cemara (Casuarina equisetifolia) dan bunga abadi edelweiss. sedangkan fauna yang ada di sekitar danau, antara lain rusa (Cervus timorensis), Babi hutan (Sus sp.), Ayam hutan (Gallus gallus) dan elang (Elanus sp.)

akses ke Kawasan ini yaitu dari ibukota Propinsi NTT, yakni kupang, menggunakan pesawat menuju kota ende, di pulau flores, dengan waktu tempuh mencapai 40 menit. kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum berupa mini bus, menuju desa Kaonara, yang berjarak 93 km, dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. dari desa koanara menuju puncak danau kelimutu, berjalan sepanjang 2,5 km.
wisata asli indonesia ini semoga dapat terus lestari.

baca juga: http://factworld27.blogspot.co.id/2015/06/tentang-pulau-jeju.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Disqus Shortname

Comments system