Minggu, 25 September 2016

tarian hudoq(kesenian kalimantan timur)

tarian yang mengunakan topeng dan baju yang terbuat dari dedaunan dan kulit pohon adalah sebuah tarian masyarakat dayak kalimantan yang umumnya ditampilkan dalam acara pembukaan lahan pertanian atau setelah menanam padi di lahan.hudoq yang berarti menjelma yang penarinya menggunakan topeng sebagai perwujudan hewan hama seperti tikus,babi,dll.dan ada yang menggunakan topeng burung elang sebagai pelindung dan memelihara hasil panen masyarakat.selain topeng hewan ada juga topeng manusia yang dianggap debagai perwujudan nenek moyang suku dayak.
Dalam pertunjukan tari hodoq memang terlihat bernuansa mistis. Dalam pelaksanaan ritual tersebut pawang atau pemimpin upacara memulai dengan pembancaan mantra dengan sesaji yang sudah di persiapkan. Saat para penari duduk berbaris pawang pun menaburkan beras kuning di kepala para penari tersebut sebagai tanda di mulainya acara setelah itu para penari pun menari seperti gerakan tadi dengan iringan musik tradisional suku Dayak. Saat roh merasuki tubuh penari, pawang menyampaikan pesan kepada roh tersebut dengan mengucapkan mantra. Maksud dari mantra tersebut adalah untuk meminta  agar roh tersebut menjaga tanaman mereka dan melindungi penduduk desa. Setelah pesan tersampaikan, pawang meminta roh tersebut kembali ke asal mereka. dalam pertunjukan ini bisa berlangsung selama satu jam bahkan sehari
tarian hudoq sekarang menjadi salah satu kesenian yang dipertontonkan sebagai hiburan masyarakat.semoga tarian ini menjadi salah satu tarian yang terjaga kelestariannya.

sumber:tari-hudoq-kalimantan-timur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Disqus Shortname

Comments system